Kategori
pajak

Inilah Manfaatnya Jika Perusahaan Membayar Pajak

Seluruh pajak yang telah dibayarkan oleh perseorangan sampa perusahaan digunakan pemerintah untuk menstabilkan perekonomian negeri. Adanya pajak, maka pemerintah mempunyai pilihan dalam membuat dan menerapkan kebijakan. Misalnya, barang impor akan dikenakan pajak oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan supaya produk-produk dalam negeri bisa bersaing di pasaran. Selain itu, untuk menjaga nilai tukar rupiah supaya tidak defisit. Pemerintah pun bisa melakukan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) pada produk mewah impor. Karena itulah, perusahaan yang sudah besar dan memiliki legalitas diwajibkan untuk membayar pajak.

membayar pajak

5 Manfaat Perusahaan yang Membayar Pajak

Untuk sebuah perusahaan atau pengusaha, membayar pajak memang menjadi beban. Hal ini dikarenakan bisa mengurangi laba bersih yang sudah didapatkan. Namun membayar pajak sendiri tetap memiliki sisi positif untuk sebuah perusahaan. Nah dibawah ini terdapat beberapa keuntungan bagi perusahaan jika rutin dalam membayar pajak.

  1. Bisa Terhindar Denda & Pengeluaran Tambahan

Dengan membayar pajak, maka perusahaan Anda bisa terhindar dari denda dan bunga pajak di masa lalu. Untuk caranya adalah dengan mengungkapkan harta dan membayar tebusan seperti yang sudah diatur dalam Undang-Undang Pengampunan Pajak. Pengampunan Pajak terdiri dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh), dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Dengan begitu, pengeluaran perusahaan bisa berkurang dan akan membuat bisnis menjadi mudah berkembang.

  1. Membuat Bisnis Terlihat Profesional

Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis profesional dan dikenal oleh banyak orang? Tentu semua perusahaan menginginkan hal tersebut. Nah salah satu cara untuk membuat bisnis terlihat profesional adalah dengan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Adanya NPWP sendiri merupakan hal penting yang masuk ke dalam surat kerjasama. Jika perusahaan tersebut tidak memiliki NPWP, tentunya perusahaan tersebut akan dipandang sebelah mata di hadapan konsumen atau investor.

  1. Lebih Mudah Mendapatkan Pinjaman

Keuntungan selanjutnya yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika membayar pajak secara rutin adalah bisa mudah mendapatkan pinjaman dari bank. Biasanya pinjaman ini digunakan oleh perusahaan untuk kebutuhan bisnis supaya lebih maju. Adanya kartu NPWP yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, membuat pihak bank menganggap dan melihat bisnis tersebut profesional. Oleh karena itulah, ada baiknya jika mulai sekarang sudah mulai membayar pajak secara rutin. Dengan begitu, jika kedepannya ingin meminjam uang di bank akan dimudahkan.

  1. Perekonomian Negara Terbantu

Seperti yang sudah disinggung sedikit di awal penjelasan. Bahwa perusahaan atau perseorangan membayar pajak akan membantu ekonomi negara. Harus diketahui dengan baik terlebih dahulu, bahwa setiap negara memiliki masalah perekonomian yang berbeda-beda. Membayar pajak menjadi pengaruh besar untuk negara, karena dengan membayar pajak maka membantu menstabilkan perekonomian negara. Pemerintah sendiri pun memiliki kebijakan dalam membuat dan memberikan pilihan pajak untuk sebuah perusahaan.

  1. Perusahaan Bisa Belajar Mengolah Keuangan

Dengan adanya kewajiban membayar pajak, hal ini membuat perusahaan mau tidak mau harus bisa dengan baik mengelola keuangan. Beberapa perusahaan terkadang masih memiliki laporan keuangan yang acak-acakan. Yang mana membuat perusahaan tersebut menjadi kurang maju dan kurang berkembang. Membayar pajak tidak hanya membantu perusahaan mengelola keuangan dengan lebih baik. Namun juga membantu perusahaan tersebut untuk bisa lebih berkembang dan maju.

Nah itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika perusahaan membayar pajak secara rutin. Meskipun dinilai beban, namun perusahaan yang membayar pajak secara rutin pastinya akan mendapatkan keuntungan dan bisa berkembang secara lebih maksimal.