PT. FINTRUST KONSULTAN INDONESIA

Kategori
pajak

Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis dan Investor

Laporan keuangan mempunyai pengaruh yang besar untuk perkembangan bisnis. Berhasil atau tidaknya bisnis mendapatkan keuntungan juga bergantung dari bagaimana pemilik bisnis mengambil keuntungan dari laporan keuangan. Untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah bisnis, bisnis tersebut harus bisa dikelola dengan efisien. Sebagai seorang pengusaha, tentunya harus tahu bagaimana cara membuat laporan keuangan dan segala seluk beluknya. Terlebih jika perusahaan memiliki rencana untuk mengembangkan sayap dengan menjadi seorang investor.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan ringkasan dari proses pencatatan dari berbagai transaksi keuangan selama satu periode tertentu. Sebuah laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang menjadi jembatan antara data keuangan dengan kegiatan yang dilakukan. Yang mana wajib melewati proses audit, jadi isi dari laporan bisa teruji reliabilitasnya. Biasanya laporan keuangan juga disebut sebagai produk akhir dari proses akuntansi. Dimana menyediakan informasi mengenai kondisi keuangan dalam format laporan. Selanjutnya laporan keuangan tersebut dimanfaatkan untuk bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan atau kebijakan tertentu.

4 Manfaat Laporan Keuangan Untuk Bisnis

Untuk pengusaha, laporan keuangan mempunyai manfaat yang penting. Diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Sebagai Evaluasi Bisnis

Banyak pemilik bisnis yang salah dalam mengambil langkah karena tidak mempunyai laporan keuangan. Padahal dengan adanya laporan keuangan ini, maka pengusaha jadi bisa lebih mudah dalam melakukan evaluasi bisnis. Selain itu juga bisa membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis sesuai informasi pastinya.

  1. Mengambil Keputusan

Pastinya Anda pernah mengalami kesulitan saat ingin mengambil keputusan bisnis bukan? Nah dari sini Anda bisa merasakan manfaat dari laporan keuangan yang ada. Selain bisa melakukan evaluasi, pengusaha juga bisa mudah dalam mengambul keputusan tepat sesuai laporan keuangan. Apabila laporan keuangan menunjukkan perkembangan, maka pengusaha bisa bebas menentukan strategi.

  1. Mendapatkan Pinjaman Modal

Seperti yang diketahui bahwa syarat untuk mengajukan pinjaman adalah laporan keuangan. Termasuk ketika Anda ingin mengajukan pinjaman lewat P2P Lending seperti Akseleran. Adanya laporan keuangan yang baik, maka kreditur akan lebih mudah dalam memutuskan ketika memberikan pinjaman ke perusahaan.

  1. Mudah Menentukan Pajak

Setiap perusahaan yang berdiri pastinya diwajibkan untuk membayar pajak ke pemerintah. Adanya laporan keuangan, pengusaha jadi mudah menentukan seberapa besar pajak yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan begitu nantinya bisa mengurangi risiko adanya denda atau masalah pajak saat sedang di audit.

5 Keuntungan Laporan Keuangan Bagi Investor

Adanya laporan keuangan pun menjadi salah satu bagian dari pertimbangan investor sebelum memutuskan melakukan investasi. Berikut ini beberapa manfaat adanya laporan keuangan untuk investor.

  1. Mengetahui Laba Bersih Perusahaan

Laba bersih merupakan sisa uang dari bisnis yang sudah dipotong semua biaya. Sebelum memutuskan berinvestasi, biasanya investor akan bertanya apakah bisnis yang nantinya diberikan investasi akan menghasilkan atau tidak. Sebagai seorang investor, keuntungan adalah tujuan utama dari investasi itu sendiri.

  1. Identifikasi Margin Keuntungan

Bisnis yang baik pastinya akan menguntungkan. Jadi keuntungan bisa dilihat secara menyeluruh, dan di tiap produk. Margin keuntungan yang ada di laporan keuangan akan dibandingkan dengan standar keuntungan bisnis serupa. Biasanya margin yang tinggi akan membuat investor percaya jika bisnis tersebut bisa memberikan keuntungan lebih maksimal.

  1. Analisa Perputaran Piutang

Bagi seorang investor, laporan keuangan juga memberikan informasi mengenai perputaran piutang. Yang mana bisa memberikan dua manfaat. Pertama, seorang investor pastinya tidak mau bekerja sama dengan perusahaan yang tidak pandai melacak pembayaran utang pelanggan. Kedua, analisa perputaran piutang juga berguna untuk melihat stabil atu tidaknya pelanggan bisnis. Ini dikarenakan perputaran yang lambat menunjukkan adanya banyak risiko dalam bisnis itu.

  1. Identifikasi BEP (Break Even Point)

Titik impas atau break even point bisa menjadi perkiraan untuk investor mengenai kapan dan berapa jumlah penjualan yang perlu dicapai. Supaya modal yang diinvestasikan bisa kembali dan memperoleh keuntungan atau profit. Laporan keuangan yang dibuat akan berisikan informasi mengani BEP secara jelas.

  1. Pertimbangan untuk Investasi

Pada akhirnya, keseluruhan poin diatas akan jadi bahan pertimbangan sebelum investor akan berinvestasi atau tidak. Laporan keuangan tidak hanya memilki manfaat untuk bisnis saja. Namun juga mempunyai manfaat yang tidak kalah penting bagi seorang investor.

4 Komponen Laporan Keuangan

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari laporan keuangan yang sesuai. Pastinya dibutuhkan laporan keuangan akurat. Oleh karena itulah, laporan keuangan yang dibuat haruslah berdasarkan komponen pendukung berikut ini:

  1. Laporan Laba Rugi

Merupakan komponen penting dari laporan keuangan yang memberikan gambaran mengenai keuntungan atau kerugian dalam satu periode tertentu. Laporan laba rugi ini dibagi menjadi dua. Bagian pertama menunjukkan angka laba atau rugi kotor yang didapatkan dengan mengurangi total pendapatan dengan harga pokok penjualan. Cara menghitungnya adalah stok awal ditambah pembelian bersih dikurangi stok penutupan. Untuk bagian kedua menunjukkan laba/rugi bersih perusahaan. Jumlah laba atau rugi bersih didapatkan dengan mengurangi laba atau rugi kotor dengan biaya operasional perusahaan. Biaya operasional disini meliputi pembayaran gaji, pajak, biaya sewa, dan lainnya.

  1. Neraca Keuangan

Adalah bagian dari laporan keuangan yang menunjukkan kemampuan pemilik bisnis untuk membayar utang dan kewajiban apabila dilihat dari jumlah aset. Perhitungan neraca dimulai mencatat aset tidak lancar, aset lancar, kewajiban tidak lancar, sampai kewajiban lancar. Dengan begitu, neraca keuangan bisa menggambarkan posisi keuangan sebuah bisnis selama masa periode tertentu.

  1. Arus Kas

Selanjutnya adalah arus kas atau cash flow. Dimana arus kas ini merangkum pergerakan keluar masuk uang yang mencakup kegiatan operasional, investasi, dan kegiatan pendanaan.

  1. Laporan perubahan modal

Komponen terakhir adalah laporan perubahan modal yang berisikan jumlah dan sumber perubahan modal. Dimana seluruh penambahan atau pengurangan pada modal selama satu periode tertentu bisa dilihat dari naik atau turunnya saldo awal dibandingkan saldo terakhir. Pada dasarnya laporan perubahan modal menunjukkan modal mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Tujuan Laporan Keuangan

Dilansir dari Standar Akuntansi Keuangan (Ikatan Akuntan Indonesia 2002:4), laporan keuangan mempunyai tujuan sebagai berikut ini:

  • Laporan keuangan dibuat dengan tujuan menyediakan informasi yang memiliki kaitan dengan kondisi keuangan, kinerja, perubahan kondisi keuangan dan bisa dimanfaatkan untuk pengguna sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan. Meskipun demikian, laporan keuangan tidak mungkin menyediakan semua informasi yang dibutuhkan pengguna.
  • Laporan keuangan bisa menggambarkan apa saja yang sudah dilakukan manajemen (stewardship) atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan.

Nah itulah beberapa hal yang berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan. Mulai dari pengertian, manfaat untuk bisnis dan investor, komponen dan tujuannya. Dengan mengetahui hal-hal diatas, pastinya Anda tidak akan menyepelekan lagi laporan keuangan. Jadi pastikan dengan baik bahwa perusahaan yang sedang dirintis mempunyai laporan keuangan yang baik dan terperinci.